Profil SMANTI

Visi Sekolah

Menjadikan Peserta Didik SMA Negeri 3  bertaqwa, cerdas, terampil, unggul, berwawasan lingkungan dan  terdepan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi serta berwawasan lingkungan

Misi Sekolah

  1. Menumbuhkan imtaq sesuai ajaran agama yang dianut.
  2. Menampilkan “school base management (managemen berbasis sekolah) “ .
  3. Output dapat terserap di berbagai perguruan tinggi negeri dan pasar kerja.
  4. Siap berkompetitif dan beradaptasi menghadapi era globalisasi.
  5. Meningkatkan pembinaan prestasi, bakat, dan minat peserta didik.
  6. Menjadikan lingkungan sekolah yang bersih, hijau, indah dan asri.

 

Selain dikenal dengan ragam budaya, kota minyak dan pintu gerbang masuk Papua, Kota Sorong juga dikenal sebagai barometer pendidikan di provinsi Papua Barat. Sebagai penyandang barometer pendidikan telah banyak prestasi yang telah diukir oleh pelajar Kota Sorong. Salah satu penyumbang prestasi adalah SMAN 3 Kota Sorong.

Meskipun nama SMAN 3 Kota Sorong baru resmi digunakan pada era 1991-an, namun sesungguhnya cikal bakal berawal dari peralihan fungsi dari SPG Negeri Sorong yang berdiri  sejak tahun 1982 hingga tahun 1991.

Dalam menindaklanjuti tongkat estafet peralihan fungsi tersebut, SMAN 3 Kota Sorong dalam perjalanannya, yang saat itu bernama SMA Negeri  5 Sorong berjalan sebagaimana layaknya sekolah negeri. Sebagai sekolah debutan baru tentu tidak mudah untuk memberi kepercayaan kepada masyarakat. Namun di bawah dedikasi dan tangan dingin para kepala sekolah, lambat laun kepercayaan masyarakat terhadap SMAN 3 sangat baik hingga saat ini.

Sisi  lain yang mendapat perhatian dari pemerintah adalah  penetapan sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN) , penyelenggaran Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) hingga pada tahun 2010 berdasarkan hasil verifikasi Direktorat Pembinaan SMA Kementrian Pendidikan Nasional SMAN 3 Sorong dipercaya  sebagai pelaksana Sekolah Model SKM-PBKL-PSB. Sekolah yang dianggap telah melaksanakan Standar Nasional Pendidikan seperti yang diamanatkan PP nomor 19 tahun 2005. Pada tahun pelajaran 2015/2016 ini SMAN 3 Kota Sorong ditetapkan sebagai sekolah yang penyelenggara mandiri kurikulum 2013 dan Sekolah model pelaksana Standar Nasional Pendidikan (SNP). Memasuki tahun pelajaran 2016/2017 Direktorat PSMA menetapkan SMAN 3 Kota Sorong Sebagai SMA Rujukan, sekolah yang dianggap telah melampui Standar Nasional Pendidikan dan telah mampu mengimbaskan praktek atau kebiasaan baik kepada sekolah lain.

Sekolah yang menempati lahan seluas kurang lebih 3 hektar yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman No. 49 Kota Sorong ini selalu berupaya meningkatkan pelayanan, penampilan dan prestasi. Investasi sumber daya manusia, investasi sarana dan prasarana serta investasi program menjadi prioritas kepala sekolah Drs. J. Sagrim, MM. dalam menjalankan roda kepemimpinan di sekolah  model ini. Dengan dibantu 4 wakil kepala sekolah, 51 tenaga pendidik, 6 tenaga kependidikan serta 972 siswa berbagai prestasi mulai dari tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional hingga internasional telah diraih.

 

Fasilitas

Dalam penunjang proses belajar mengajar tersedia berbagai fasilitas diantaranya

 

  1. Laboratorium IPA terdiri dari Laboratorium Fisika, Kimia dan Biologi
  2. Laboratorium Komputer
  3. Aula
  4. Perpustakaan

Perpustakaan ini diharapkan menjadi perpustakaan berbasis outomasi yang mengoleksi berbagai literatur dalam bentuk manual maupun digital. Di samping itu di perpustakaan juga terdapat jaringan internet dan intranet yang dapat digunakan sesuai dengan standar yang berlaku. Jaringan internet tidak hanya dapat diakses melalui ruang perpustakaan namun juga dapat diakses dibeberapa tempat melalui fasilitas wiffi.

 

Ekstrakurikuler

Di SMAN 3 Kota Sorong, peserta didik juga bisa tetap mengembangkan minat dan bakatnya di bidang seni-budaya, olah raga serta pengembangan diri lainnya melalui unit-unit kegiatan siswa. Unit kegiatan siswa yang dapat diikuti oleh siswa antara lain :

 

Pramuka,Paduan Suara,Olah Raga Prestasi, Drum Band, Paskibra, Adi Wiyata, Palang Merah Remaja (PMR), KIR, Majalah Dinding, dan sinematografi.

 

Prestasi

 

Dari tahun ke tahun prestasi tingkat kota/kabupaten, provinsi dan nasional telah diraih SMAN 3 Kota Sorong, baik sebagai suatu institusi, maupun melalui individu/kelompok siswa, guru, kepala sekolah atau sivitas akademika lainya.

 

Sebagai institusi pada tahun 2012, menempati peringkat 4 nasional dari 132 sekolah dalam hal manajemen sekolah model. Melalui penilaian pelayanan publik bidang pendidikan tingkat provinsi Papua Barat tahun 2013, SMAN 3 Kota Sorong menempati peringkat 2 dan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan pada tahun 2016 ini berhasil menyabet juara 1 lomba Adi Wiyata.

 

Untuk tenaga pendidik tahun 2012 kepala sekolah Bapak Drs. J. Sagrim, MM. berhasil sebagai Kepala Sekolah Berprestasi.

 

Prestasi siswa dalam bidang Olimpiade Sains  tingkat kota, SMAN 3 Kota Sorong berhasil menjadi juara umum 2 kali berturut-turut yakni tahun 2014 dan 2015. Pada Olimpiade Sains 2016 ini SMAN 3 Kota Sorong meloloskan satu orang siswa  ke tingkat nasional untuk mata pelajaran Fisika.

 

Pada tahun 2013 tim SMAN 3 Kota Sorong yang terdiri dari Hogla C. Iek, Jelzra Simaela dan Julia Van Harling keluar sebagai juara 1 tingkat nasional di Jakarta dalam ajang debat Parade Cinta Tanah Air. Masih pada tahun 2013 duet bersaudara Sahda Ratna Sari Sutikno dan Lutfi H. Sutikno berhasil menjadi juara 2 tingkat nasional dalam ajang debat Pendidikan Agama Islam di Jakarta. Dalam hal pemanfaatan teknologi dan kreativitas, tim sinema SMANTI berhasil menyabet juara 2 tingkat nasional dalam kategori pembuatan film dokumenter di Yogyakarta. Sedangkan dalam bidang olah raga, TIM sepakbola SMAN 3 Kota Sorong berhasil mewakili provinsi Papua Barat pada Liga Pelajar Indonesia (LPI) tingkat nasional tahun 2016.

 

Dalam bidang akademik saat ini terdapat beberapa alumni SMAN 3 Kota Sorong yang mendapat program beasiswa untuk menempuh pendidikan di Australia, Jerman dan Cina. Serta pada tahun 2016 ini satu orang siswa sedang mengikuti pertukaran pelajar di Amerika Serikat selama satu tahun.